Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Komputer Berbasis Android
Abstrak: Komputer adalah salah
satu pengembangan teknologi masa kini yang sering dipakai dalam dunia
pendidikan maupun pekerjaan, meskipun masih banyak juga kalangan masyarakat
yang belum mengenal dan mengerti penggunaan komputer. Seiring dengan
perkembangan teknologi dan informasi pada era modern ini, setiap informasi
diharapkan mampu disajikan secara lebih praktis, misalnya dalam bentuk aplikasi
dari berbagai platform, seperti Android.
Android adalah sistem operasi berbasis Java yang dirancang pada kernel
linux untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar (smartphone)
dan komputer tablet. Android memiliki beberapa karekteristik tertentu, yaitu
dibangun terbuka dan dapat secara bebas diperluas untuk memasukan teknologi
baru yang lebih maju. Semua aplikasi dapat dibangun untuk memiliki akses yang
sama terhadap kemampuan sebuah telepon dalam menyediakan layanan, memecahkan
hambatan untuk membangun aplikasi yang baru dan inovatif, serta memiliki
sekumpulan tools yang dapat digunakan untuk membantu para pengembang aplikasi
dalam meningkatkan produktivitas dari aplikasi yang dibuat.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pembelajaran pengenalan
komputer berbasis Android dan untuk tahapan perancangan aplikasi ini
menggunakan metode Waterfall. Dari penelitian ini diharapkan dapat membantu
kehidupan masyarakat khususnya yang belum mengenal dan memahami penggunaan
komputer secara umum.
Inti dari aplikasi ini adalah hubungan dari setiap screen yang ada.
Meskipun desainnya masih bersifat sederhana,namun pada dasarnya aplikasi ini
sudah berhasil dibuat sebagai salah satu sarana pembelajaran untuk pengenalan
komputer. Sistem kerjanya bisa dikatakan berjalan cukup baik, mengingat
terjadi beberapa kesalahan pada
aplikasi.
Penulis: Hance B. Bastian,
Arie S.M. Lumenta, Brave A. Sugiarso
Kode Jurnal: jptkomputerdd160086