PERANCANGAN SIMULASI ANIMASI 2D TATA CARA PEMBERIAN SUARA PADA PEMILIHAN UMUM MENGGUNAKAN METODE ROTOSCOPING (STUDI KASUS: KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN DELI SERDANG)

ABSTRAK: Dalam konteks demokrasi, pemilihan umum merupakan hujud dari demokrasi. Baik pemilihan legeslatif, presiden, wakil presiden hingga kepala daerah, baik pemilihan langsung maupun pemilihan tidak langsung. Penyelenggaraan pemilihan  umum  di  Indonesia  tidak  dipungkiri  terdapat    permasalahan  yang  ada  baik dalam  penyelenggaraan,  sosialisasi  tata  cara  pemberian  suara,  dan  perhitungan  suara.  Terfokus  pada  sosialisasi tata  cara  pemberian  suara  permasalahan  yang  sering  dihadapi  adalah  lokasi  yang  dituju  untuk  pelaksanaan sosialisasi dan kurangnya sarana sosialisasi.
Berkaitan dengan  sarana  sosialisasi,  multimedia  merupakan  solusi  yang  kongkrit  yang  dapat dikembangkan  seperti  simulasi  animasi.  Animasi  pada  saat  ini  tidak  hanya  dimanfaatkan  untuk  dunia  hiburan, tetapi  animasi  dapat  dimanfaatkan  sebagai  media  pembelajaran,  simulasi  hingga  media  komersial.  Dalam perancangan  animasi  banyak  metode-metode  yang  digunakan  seperti  Rotoscoping  yang  dapat  mempermudah animator dalam penggambaran objek-objek animasi.
Kata Kunci: Simulasi, Multimedia, Animasi, Rotoscoping
Penulis: Chayriza rahman
Kode Jurnal: jptinformatikadd150493

Artikel Terkait :