TRANSFORMASI LINIER DALAM GAME ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN PERSAMAAN KURVA
Abstract: Media visual menjadi
salah satu daya tarik tersendiri sebagai media pembelajaran. Dengan adanya
media visual, suasana belajar menjadi menyenangkan dan pelajar tentunya akan
lebih mudah mengerti. Salah satu media visual yang dapat digunakan adalah
permainan berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan istilah game. Game
sebagai media visual memiliki kelebihan dibanding dengan media visual yang lain
karena game mengajak pemainnya untuk turut serta dan andil dalam menentukan
hasil akhir dari game tersebut.
Dalam tulisan ini dibahas hasil pembuatan game 2 dimensi yang dapat
menampilkan visualisasi pergerakan objek mengikuti sebuah persamaan kurva
dengan menggunakan metode transformasi linier. Game yang dibuat terdiri dari 3
level yaitu level pertama berupa game penentuan persamaan garis lurus, level
kedua berupa game penentuan persamaan kurva sinus, dan level ketiga berupa game
penentuan persamaan kurva cosinus. Masing-masing tahap mempunyai 10 sublevel
yang harus diselesaikan untuk dapat menuju level berikutnya.
Dari hasil penerapan metode transformasi linier dalam game ini diketahui
bahwa kecekungan persamaan kurva mempengaruhi kecepatan pergerakan animasi
objek yang mengikuti persamaan kurva tersebut. Semakin cekung persamaan kurva,
semakin bertambah cepat pergerakan objek tersebut.
Penulis: Nugroho Agus Haryono,
Hendro Setiadi, Setiawan
Kode Jurnal: jptinformatikadd100251