JUMLAH ERITROSIT, KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT PADA BERBAGAI JENIS ITIK LOKAL TERHADAP PENAMBAHAN PROBIOTIK DALAM RANSUM

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui interaksi pemberian probiotik dengan level yang berbeda pada berbagai jenis itik lokal betina dan pengaruhnya terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, dan hematokrit. Materi penelitian menggunakan itik betina Magelang, Tegal, dan Mojosari umur 22 minggu masing-masing jenis itik berjumlah 27 ekor. Pakan terdiri dari campuran jagung kuning giling 40 %, dedak padi 40 % dan konsentrat itik 20 % dengan kandungan nutrient pakan: PK= 16,56 %, ME = 2.947 kcal/kg, Ca = 1,75 %, P =1,36 % dan probiotik starbio. Petak kandang dengan ukuran 1m x 1m x 1,5 m, masing-masing sebanyak 27 unit serta peralatan kandang dan timbangan. Metode penelitian adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3 x 3.  Perlakuan yang diujicobakan yaitu a1b0 : Itik Magelang kontrol, a1b1 : Itik Magelang + probiotik 3 g/kg pakan, a1b2 : Itik Magelang + probiotik 6 g/kg pakan, a2b0 : Itik Mojosari kontrol, a2b1 : Itik Mojosari + probiotik 3 g/kg pakan, a2b2 : Itik Mojosari + probiotik 6 g/kg pakan, a3b0 : Itik Tegal kontrol, a3b1 : Itik Tegal + probiotik 3 g/kg pakan, a3b2 : Itik Tegal + probiotik 6 g/kg pakan. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah (1) Jumlah eritrosit, (2) Kadar Hemoglobin, dan (3) Hematokrit.Data dianalisis menggunakan analisis variansi dan dilanjutkan uji BNJ ( Beda Nyata Jujur).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar eritrosit darah berbagai jenis itik lokal berkisar antara 2,50 106µl sampai dengan 3,47 106µl, rata-rata kadar hemoglobin darah itik 8,10 g/100 ml sampai dengan 11,23 g/100 ml dan rata-rata kadar hematokrit darah itik 35,3 % sampai dengan 44,7 % . Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara jenis itik dengan level probiotik starbio yang diberikan (P>0,05) terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan hematokrit darah itik. Jenis itik berpengaruh nyata (P<0,05)  terhadap kadar hemoglobin darah itik dan pemberian probiotik starbio tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan hematokrit darah itik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah interaksi antara level probiotik dan jenis itik lokal tidak menyebabkan perbedaan kondisi hematologis ditinjau dari jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, dan hematokrit. Itik Tegal memiliki kadar hemoglobin yang lebih tinggi dibandingkan dengan itik Magelang dan itik Mojosari, serta pemberian berbagai level probiotik starbio pada berbagai itik lokal tidak mengubah jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan hematokrit.
Kata Kunci: Itik, jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan hematokrit
Penulis: Achmad Shawaludin Ali, Ismoyowati, Diana Indrasanti
Kode Jurnal: jppeternakandd130347

Artikel Terkait :