PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS PROBIOTIK DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING (KBK) DAN KECERNAAN BAHAN ORGANIK (KBO)

ABSTRAK: Penelitian berjudul penggunaan berbagai jenis probiotik dalam ransum terhadap kecernaan bahan kering (KBK) dan kecernaan bahan oraganik (KBO) ayam arab. Materi penelitian menggunakan ayam arab umur 98 minggu, ransum ayam arab terdiri atas jagung 45%, dedak 30% dan konsentrat 25%. Metode penelitian adalah eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diujicobakan yaitu R0 : Pakan kontrol; R1 : R0 + 7,5% probiotik lactobacillus sp; R2 : R0 + 7,5% probiotik bakteri asam laktat; R3 : R0 + 7,5% probiotik bacillus sp. Data dianalisis menggunakan analisis variansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan berpengaruh tidak nyata terhadap peningkatan kecernaan bahan kering (KBK) dan kecernaan bahan organik (KBO) (P>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian probiotik lactobacillus sp, bakteri asam laktat dan bacillus sp dalam ransum ayam arab sampai level 7,5 % menghasilkan kecernaan bahan kering (KBK) dan kecernaan bahan organik (KBO) yang relatif sama.
Kata Kunci: probiotik, bakteri asam laktat., lactobacillus sp dan bacillus sp, kecernaan bahan   kering (KBK) dan kecernaan bahan oraganik (KBO)
Penulis: Abidin Sugiarto, Ning Iriyanti, Sigit Mugiyono
Kode Jurnal: jppeternakandd130338

Artikel Terkait :