FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU WAJIB PAJAK UNTUK MENGGUNAKAN E-FILING

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing di Kota Kediri. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel persepsi terhadap kegunaan, persepsi kemudahan, kesukarelaan, faktor sosial.
Data yang diperoleh merupakan hasil dari pengisian kuesioner yang dilakukan oleh responden, yaitu sebanyak 167 Wajib Pajak Orang Pribadi (kayawan) yang menggunakan e-filing di Kota Kediri.  Data kuesioner diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan menguji hipotesis menggunakan regresi , uji t dan uji  dengan program SPSS versi 13.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Persepsi terhadap Kegunaan (X1) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing, Persepsi Kemudahan (X2) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing, Kesukarelaan (X3) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing,Faktor Sosial (X4) berpengaruh terhadap minat Wajib Pajak dalam menggunakan e-filing.
Keywords: persepsi terhadap kegunaan, persepsi kemudahan, kesukarelaan, fakor sosial, minat menggunakan e-filing
Penulis: Ivana Lie, Raden Arja Sadjiarto
Kode Jurnal: jpakuntansidd131458

Artikel Terkait :