ANALISIS PENYERAPAN ANGGARAN PASCA PENERAPAN APLIKASI SiPP PADA SATKER PELAKSANAAN JALAN NASIONAL WIL. I DINAS PU PROV. KALTIM

Abstrak: Sistem Pemantauan Proyek atau yang disingkat menjadi (SiPP) adalah suatu aplikasi yang diterbitkan oleh Sistem Informasi Manajemen Bina Margayang merupakan Sub Bidang Direktorat Jenderal Bina Marga untuk memantau, mengawasi dan sebagai internal control yang dioperasikan oleh petugas pelaporan pada kegiatan penyusunan dan pelaksanaan anggaran diDinas Pekerjaan Umum pada umumnya, dan pada khususnya dilingkunganSatuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur.
Penelitian dilaksanakan di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur, dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan tingkat persentasi penyerapan anggaran sebelum dan sesudah penerapan aplikasi SiPP, dengan cara menganalisis apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penyerapan anggaran instansi sebelum dan sesudah diterapkannya aplikasi SiPP, Uji Beda (Paired Sample T-test). Paired Sample T-test digunakan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan rata-rata dua sampel bebas yang berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membuktikan hipotesisdalam penelitian ini, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan penyerapananggaran sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi SiPP dapat di jawabdengan menggunakan uji sampel berpasangan (paired sample t test) dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Dapat disimpulkanbahwa penerapan aplikasi SiPP mempengaruhi penyerapan anggaran daripada sebelum diterapkannya aplikasi SiPP.
Dengan adanya aplikasi SiPP Kasatker selaku Kuasa Penguna Anggaran dapat memantau/mengawasi secara langsung progres/kemajuan penyerapan anggaran ditahun berjalan atau tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat bahwa selama kurun waktu tahun 2004 sampai dengan tahun 2011 persentase penyerapan anggaran setelah penerapan aplikasi SiPP (tahun 2008 – 2011) mengalami kenaikan persentase tiap tahunnya.
Kata Kunci: Analisis Penyerapan Anggaran, Aplikasi SiPP
Penulis: Egiastyo Dwi Kuncoro
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131067

Artikel Terkait :