DISIPLIN TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SEKRETARIAT DPRD PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya Pengaruh antara Disiplin terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah penlitian Kuantitatif. Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif yaitu suatu permasalahan penelitian yang bersifat menghubungkan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Seacrh (Penelitian keperpustakaan), Field work Research (StudiKelapangan) yang terdiri dari Observasi, kuisoner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Product Moment dengan jumlah populasi sebanyak 54 orang responden.
Disiplin mempunyai pengaruh yang sangat kuat dan bernilai positif terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur. Dengan menggunkan analisis Product Moment serta koefisien determinan dan koefisien penentu, diperoleh hasil bahwa disiplin mempunyai pengaruh yang kuat dan bernilai positif serta signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai. Artinya apabila disiplin kerja meningkat maka efektivitas kerja pegawai yang dihasilkan juga akan mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Disiplin, Efektivitas Kerja Pegawai
Penulis: Anindita Virginia Manalu
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd160458

Artikel Terkait :