EVALUASI KINERJA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Kinerja komponen manajemen sekolah di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta; 2. Kinerja komponen kualifikasi pendidik (guru) di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta; 3. Kinerja komponen pelaksanaan kurikulum yang berlaku di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta; 4. Kinerja komponen kualifikasi peserta didik di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta; 5. Kinerja komponen proses kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 96 siswa dan 69 guru SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Rintisan Sekolah Berstandar Internasional sudah sesuai dengan kriteria SMK Berstandar Internasional dengan penjelasan sebagai berikut ; 1. Kinerja komponen manajemen sekolah SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta sesuai dengan profil manajemen sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional; 2. Kinerja komponen kualifikasi pendidik di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta sesuai dengan profil manajemen sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional; 3. Kinerja komponen pelaksanaan kurikulum di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta telah sesuai dengan profil manajemen sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional; 4. Kinerja komponen kualifikasi peserta didik di SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta sesuai dengan profil manajemen sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional; 5. Kinerja komponen proses kegiatan belajar mengajar SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta sesuai dengan profil manajemen sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional.
Kata kunci: Evaluasi, Evaluasi Kinerja, Rintisan Sekolah Berstandar Internasional
Penulis: Nindya Fitriasari
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131102

Artikel Terkait :