HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AP DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi siswa kelas X AP di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi siswa kelas X AP di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dan (3) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi siswa kelas X AP di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlaian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang bejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuesioner/angket. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel (0,732>0,396) dan nilai signifikan 0,000<0,05; (2) Terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel (0,704>0,396) dan nilai signifikan 0,000<0,05; dan (3) Terdapat hubungan positif antara pemanfaatan sumber belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi siswa kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel (0,776>0,396) dan nilai signifikan 0,000<0,05.
Kata kunci: Pemanfaatan Sumber Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar
Penulis: Erni Tyas Satya Ningrum
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141505

Artikel Terkait :