HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI I DEPOK SLEMAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Depok Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, sedangkan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Depok Sleman berjumlah 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Tingkat signifikan hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar KKPI siswa kelas XIprogram keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Depok Sleman tahun ajaran 2011/2012 ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) 0,818 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,669. Ini berarti 66,9% prestasi belajar KKPI dijelaskan oleh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar. Sedangkan 33,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.
Kata kunci: Media Pembelajaran KKPI, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Penulis: Rofika Syani
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131108

Artikel Terkait :