HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KEDISIPLINAN KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KANELU, SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kedisiplinan Kerja Guru di SMA Negeri 1 Kanelu, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), (2) Hubungan Motivasi Kerja Guru dengan Kedisiplinan Kerja Guru di SMA Negeri 1 Kanelu, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan (3) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kedisiplinan Kerja Guru di SMA Negeri 1 Kanelu, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Penelitian ini merupakan ex post facto, yaitu penelitian ini untuk mengungkap peristiwa yang terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut tanpa memberikan perlakuan atau memanipulasi variabel yang diteliti. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi penelitian ini adalah Guru di SMA Negeri 1 Kanelu, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berjumlah 40 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 13,00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kedisiplinan Kerja Guru di SMA Negeri 1 Kanelu, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ditunjukkan dengan nilai r୦୧୲୳à­¬୥ lebih besar dari r tabel (0,482>0,312) dan nilai signifikansi sebesar 0,002 <0,05; (2) Terdapat hubungan yang positif antara Motivasi Kerja Guru dengan Kedisiplinan Kerja Guru di SMA Negeri 1 Kanelu, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ditunjukkan dengan nilai r୦୧୲୳à­¬୥ lebih besar dari r tabel (0,430>0,312) dan nilai signifikansi sebesar 0,006 <0,05; dan (3) Terdapat hubungan yang positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kedisiplinan Kerja Guru di SMA Negeri 1 Kanelu, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ditunjukkan dengan nilai R୦୧୲୳à­¬୥ lebih besar dari R tabel (0,591>0,312) dan nilai signifikansi 0,000<0,05.
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kedisiplinan Kerja Guru
Penulis: James Mardianto Mallingar
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131110

Artikel Terkait :