IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Student Team Achievement Division dapat meningkatkan prestasi belajar dan ketuntasan belajarStandar Kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas X AP 3 SMKMuhammadiyah 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Peneliti bertindaksebagai perancang tindakan, sedangkan guru bertindak sebagai pelaksana tindakan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 3 SMK Muhammadiyah 1 Tempel sebanyak 29 siswa. Penelitian ini berlangsung sebanyak tiga siklus. Setiapsiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, berkasdokumen dan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan penghitungan rata-rata belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di kelas X AP 3 dapat meningkatkan prestasi belajar dan ketuntasan belajar siswa. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya prestasi belajar dan ketuntasan belajar siswa di tiap siklus. Padasiklus I, rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,38 dan ketuntasan belajar sebesar 3,70%. Pada siklus II, rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18,96 dan ketuntasan belajar sebesar 41,21%. Padasiklus III, rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,21 danketuntasan belajar sebesar 48,28%.
Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Prestasi Belajar
Penulis: Irmayani Dwi Harningsih
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131088

Artikel Terkait :