PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BOKPRI 1 YOGYAKARTA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewirausahaan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran. 2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewirausahaan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran. 3) Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewirausahaan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran.
Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bopkri 1 Yogyakarta yaitu sebanyak 31 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tabulasi yaitu mengelompokkan kedalam tabel untuk mempermudah analisis. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pelaksanaan  pembelajaran  pendidikan kewirausahaan pada kelas X Program keahlian Administrasi Perkantoran yaitu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bopkri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata pelaksananaan pembelajaran pendidikan kewirausahaan adalah 3,09.
Pembelajaran pendidikan kewirausahaan sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikankewirausahaan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran yaitu: Pembelajaran pendidikan kewirausahaan tidak semua siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran pendidikan kewirausahaan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewirausahaan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran yaitu: Menciptakan metode mengajar yang bervariasi sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Kewirausahaan
Penulis: Marsellywati Obess
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141495

Artikel Terkait :