PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS DALAM RANGKA MENINGKATKAN CITRA PARIWISATA DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAGELANG

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan public relations dalam meningkatkan citra pariwisata di Kabupaten Magelang, 2) Mengetahui media yang digunakan dalam mensosialisasikan objek dan daya tarik wisata di Magelang, 3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan public relations dalam meningkatkan citra pariwisata di Kabupaten Magelang, 4) Mengetahui upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dalam menangani berbagai hambatan tersebut.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sub Bagian Pemasaran & promosi dan informan pendukung pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang ada hubungannya dengan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data dan metode.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa Pelaksanaan public relations dalam meningkatkan citra pariwisata sudah berjalan baik walaupun belum sepenuhnya optimal. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan public relations Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang adalah: (1). Adanya kerjasama yang baik antara pegawai Dinas Pariwisata dalam memberikan pelayanan kepada publiknya. (2). Adanya kerjasama yang baik antara Dinas Pariwisata dengan para pelaku wisata dan instansi terkait, Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan public relations Dinas Pariwisata adalah: (1). Terbatasnya tenaga public relations yang dimiliki Dinas Pariwisata (2). Keterbatasan dana dan sumber daya manusia yang kompeten di bidang public relations yang dimiliki Dinas Pariwisata. (3). Kurangnya kesadaran sebagian publik untuk menyampaikan saran dan pendapat kepada Dinas Pariwisata demi memajukan pariwisata di Kabupaten Magelang.
KATA KUNCI: Public Relations, Citra Pariwisata
Penulis: Lukman Prasetyo
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141483

Artikel Terkait :