PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS X AP 4 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran mengelola sistem kearsipan melalui penerapan metode simulasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan pada masing-masing siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 4 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitiaan ini adalah partisipasi dan hasil belajar siswa yang diasumsikan akan memberikan konstribusi dalam proses pembelajaran mengelola sistem kearsipan. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan partisipasi siswa. Pada siklus I persentase rata-rata partisipasi siswa sebesar 59,69% dan pada siklus II presentase rata-rata partisipasi siswa meningkat menjadi 81,25%. Penelitian inijuga menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat daripeningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 79,85 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,28. Daya serap siswa juga menunjukkanpeningkatan pada siklus I sebesar 71,88% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,38%.
Kata Kunci: Metode Simulasi, Partisipasi, Hasil Belajar
Penulis: SIWI EKAWATI
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131089

Artikel Terkait :