PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DI KANTOR KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengelolaan arsip dinamis di Kantor Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman, 2) hambatan yang timbul dalam pengelolaan arsip dinamis di Kantor Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman, 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengelolaan arsip dinamis di Kantor Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman.
Desain Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis data kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan teknik analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan arsip dinamis di Kantor Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman secara keseluruhan telah mengikuti prosedur/pedoman yang berlaku, akan tetapi belum maksimal khususnya pada aspek peminjaman arsip, pemeliharaan dan pengamanan arsip serta penyusutan arsip. 2) hambatan yang timbul dalam pengelolaan arsip dinamis di Kantor Kecamatan Tempel yaitu: a) faktor fasilitas, yakni kurangnya fasilitas yang memadai seperti belum adanya tempat penyimpanan arsip inaktif, b) faktor sumber daya manusia (SDM) yakni belum adanya kesadaran tertib arsip, belum ada BIMTEK tentang pengelolaan arsip, ketidaksesuaian pendidikan petugas kearsipan, dan adanya pegawai yang sering keluar kantor pada jam kerja.3) Upaya yang dilakukan Kantor Kecamatan Tempel untuk mengatasi faktor penghambat dalam pengelolaan arsip yaitu: a) pengajuan usulan ke badan arsip daerah tentang pengadaan atau pembaharuan tempat atau kantor dengan fasilitas yang lengkap, b) diadakannya BIMTEK tentang kearsipan, c) peningkatan kinerja SDM, d) peningkatan kesadaran masing-masing SDM untuk mengelola arsip.
Kata kunci: Arsip Dinamis
Penulis: Dwiki Ahmad Irawan
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131099

Artikel Terkait :