PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH SLEMAN

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip dinamis di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman, berkaitan dengan Sistem Penyimpanan Arsip, Fasilitas Kearsipan, Pegawai Kearsipan, Lingkungan Kerja Kearsipan, dan Hambatan-Hambatan Yang Dihadapi Dalam Pengelolaan Arsip, Khususnya Arsip Dinamis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang artinya
bahwa penelitian ini menggambarkan kondisi obyek yang ada secara nyata tanpa membuat hipotesis atau prediksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informan kunci dalam penelitian ini adalah Staff Bagian Tata Usaha, sedangkan Informan pendukung adalah pegawai kearsipan pada Seksi Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman.Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dinamis pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman belum sepenuhnya dilaksanakansecara optimal. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan JRA(jadwal retensi arsip) yang hanyadisusutkan dalam jangka waktu 5 sampai 6 kali dalam satu tahun sehingga terjadi penumpukan di dalam tempat penyimpanan arsip. Sistem penyimpanan yang digunakan adalah sistem kearsipan pola baru yang merupakan gabungan dari sistem-sistem kearsipanyang ada dan azas yang digunakan adalah azas sentralisasi yaitu pemusatan dari kegiatan-kegiatan kantor pada suatu bagian atau unit tertentu. Dalam hal pengetahuan pegawai di bidang kearsipan, belum semua pegawai pernah mendapatkan pendidikan di bidang kearsipan.Lingkungan kerja kearsipan masih belum memadahi dari segi kenyamanan ruang masih belum tertata dengan baik, cahaya yang masuk kurang memadahi karena hanya terdapat lampu neon dan sedikit cahaya dari ventilasi.Dalam melakukan pemeliharaan arsip upaya yang telah dilakukan adalah membersihkan arsip dari debu seperti penggunaan vacuumcleaner dan kamperisasi pada tempat penyimpanan arsip.Untuk penyusutan arsip dilakukan setahun sekali atau sesuai dengan jadwal retensi arsip (JRA) yang ditetapkan.
Kata Kunci: Pengelolaan, Arsip, Arsip Dinamis
Penulis: Nur Indah Puspita Ningrum
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141482

Artikel Terkait :