PERANAN BUSINESS CENTER DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DEPOK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan business center dalam menumbuhkan   minat   berwirausaha   siswa   kelas   XI   Kompetensi   Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah  peserta  didik  kelas  XI Kompetensi  Keahlian  Administrasi  Perkantoran yang  berjumlah  93  siswa  (seluruh  populasi)  untuk  memperoleh  data  melalui angket. Kemudian Ketua Business Center,  Guru Kewirausahaan, Wakil Kepala Sekolah  bidang  sarana  dan  prasarana,  serta  3  Siswa   kelas  XI  Kompetensi Keahlian  Administrasi  Perkantoran  SMK  N  1  Depok  yang  ditentukan  secara purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan pertimbangan tertentu untuk memperoleh data melalui wawancara. Selain itu, digunakan dokumentasi untuk melengkapi  data  angket  dan  wawancara.  Uji  validitas  butir  angket  dilakukan dengan korelasi Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha  Cronbach’s.  Data  kualitatif  di  analisis  menggunakan  model  interaktif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan analisis deskriptif.
Berdasarkan  hasil  penelitian  bahwa  Peranan  Business  Center  dalam menumbuhkan  minat berwirausaha diukur dengan 6 aspek yaitu 1) percaya diri tergolong dalam kategori  sedang (77,40%), 2) berorientasi pada hasil tergolong dalam kategori sedang (62,40%), 3) pengambilan resiko tergolong dalam kategori sedang (74,20%), 4) kepemimpinan tergolong dalam kategori sedang (62,40%), 5) keorisinilan tergolong dalam kategori sedang (76,30%), dan 6) berorientasi pada masa  depan  tergolong  dalam  kategori  sedang  (69,90%).  Secara  keseluruhan kecenderungan   jawaban   siswa   mengenai   peranan   Business   Center   dalam menumbuhkan minat berwirausaha tergolong dalam kategori sedang (84,90%).
Kata Kunci: Peranan Business Center, Minat Berwirausaha, Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Penulis: FRESTY NOURMALINDA FERLANIE
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd151869

Artikel Terkait :