PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA PANTI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA UPTD. PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK HARAPAN KOTA SAMARINDA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu : Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan kepala panti dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai Pada Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Samarinda.
Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Key informannya yaitu Kepala Panti Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada UPTD. Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Kota Samarinda serta Informannya meliputi pegawai panti. Sedangkan teknik pengumpulan data  dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya koordinasi antara atasan dan bawahan pada Panti Sosial Asuhan Anak Harapan.Hal ini terlihat dari banyaknya pegawai yang tidak mentaati aturan-aturan yang ada pada panti dan banyaknya para pegawai yang tidak memakai atribut lengkap maupun datang tidak tepat pada waktunya.
Kata kunci: Peran, Kepemimpinan, Disiplin Kerja
Penulis: Al Fazri
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd160609

Artikel Terkait :