PERILAKU PECANDU GAME ONLINE PADA REMAJA STUDI DI KELURUHAN TANJUNG HULU KECAMATAN PONTIANAK TIMUR

Abstract: Pada skripsi ini, penelitian akan difokuskan pada perilaku pecandu game online pada remaja khususnya di Kelurahan Tanjung Hulu. Tujuan Penelitian yang pertama yaitu untuk mengungkapkan bentuk perilaku sosial pecandu game online pada remaja pelajar di Kelurahan Tanjung Hulu Kecamatan Pontianak Timur, kedua mengungkapkan faktor yang menyebabkan remaja pelajar menjadi kecanduan bermain game online Kelurahan Tanjung Hulu Kecamatan Pontianak Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Jenis Penelitian adalah Penelitian Kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang agar perilakunya dapat diamati dengan jelas. Pemilihan informan dilakukan secara purposive, orang-orang di ambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sendiri oleh peneliti sesuai dengan latar dan tujuan dalam penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku pecandu game online yang ada di kelurahan tanjung hulu. Faktor yang menyebabkan remaja pelajar menjadi kecanduan bermain game online pengaruhi oleh dua faktor, internal (diri sendiri) dan eksternal (keluarga, teman sebaya dan tetangga). Rata-rata dalam data pengguna gamer atau pemain berdasarkan intensitas yang digunakan, heavy users (lebih dari 40 jam perbulan). Perilaku pecandu ini menyebabkan kecanduan, kurangnya perhatian dari orang terdekat, kurang mengontrol diri, banyaknya waktu luang yang dimiliki , faktor ekonomi yang dimiliki dan kebijakan pengelola game center.
Kata-kata Kunci: Game Online, Gamer, Perilaku Sosial
Penulis: ARIEF SOEHARTONO
Kode Jurnal: jpsosiologidd160271

Artikel Terkait :