PERILAKU REMAJA PECANDU GAME ONLINE DI KELURAHAN PARITTOKAYA KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

Abstract: Penulisan Skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai “Perilaku Remaja Pecandu Game Online di Kelurahan Parittokaya Kecamatan Pontianak Selatan.” Permasalahan mengenai motif remaja kecanduan game online di Kelurahan Parittokaya, perilaku remaja kecanduan game online dan dampak positif dan negatif remaja kecanduan game online di Kelurahan Parittokaya ini cukup menarik untuk diteliti mengingat perilaku kecanduan merupakan suatu fenomena yang sering terjadi pada remaja yang rentan terpengaruh oleh lingkungan sekitar dengan teknologi yang berkembang pesat. Terdapat perbedaan sudut pandang jika dilihat dari fenomena kecanduan game online yang terjadi pada remaja. Untuk mengantisipasi dan meminimalisir adanya dampak buruk yang akan terjadi bagi para gamer maka diperlukan sebuah bimbingan dari sekolah dan terutama dari orang tua remaja itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan cara menelaah data, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, mengkategorisasi data, menentukan keabsahan data, dan menafsirkan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perilaku B.F. Skinner yaitu perilaku manusia sebagian besar ialah berupa perilaku yang dibentuk dan perilaku yang dipelajari karena disebabkan dan dipengaruhi oleh variabel eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif akibat kecanduan game online terhadap perilaku remaja pecandu game online. Dampak positif dari kecanduan game online yaitu semangat belajar meningkat, kemampuan bahasa inggris meningkat, konsentrasi meningkat dan jiwa kepemimpinan juga meningkat, sehingga hasil belajar yang diperoleh remaja juga meningkat. Dampak negatif dari kecanduan game online yaitu remaja menjadi malas belajar, sulit konsentrasi, serta malas sekolah sehingga hasil belajar yang diperoleh menurun.
Kata kunci: Perilaku, Kecanduan, Remaja, Game Online
Penulis: RUDI SANJAYA
Kode Jurnal: jpsosiologidd160290

Artikel Terkait :