STUDY TENTANG PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) RUMAH TINGGAL PADA KANTOR DINAS TATA KOTA DAN PERUMAHAN KOTA BALIKPAPAN

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat izin mendirikan bangunan rumah di Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan dan pendukung penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat imb di Kantor Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan.
 Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah: 1. Prinsip Pelayanan Publik, meliputi : a. Kesederhanaan; b. Kepastian Waktu; c. Akurasi; d. kelengkapan sarana dan prasarana; e. kedisiplinan, kesopanan, dan keramahan. 2  fakor penghambat dan pendukung penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat izin mendirikn bangunan di Kantor Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat izin mendirikan bangunan di kantor dinas tata kota dan perumahan kota Balikpapan secara prosedur belum sederhana Karena alur pelayanan yang masih panjang. Waktu pembuatan surat izin mendirikan bangunan (IMB) juga tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Sarana dan prasarana yang ada juga kurang menunjang pemberian pelayanan pada masyarakat. Kedisiplinan, kesopanan dan keramahan sudah bagus, hanya saja kurangnya sikap ramah dan belum antusias serta kurang berinisiatif dalam memberikan pelayanan. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam bekerja penuh dengan ketelitian dan faktor penghambat meliputi kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang menunjang penyelenggaran pelayanan.
Kata Kunci: Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pelayanan Publik, Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan
Penulis: Tiara Oktavia Jayanti
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd160535

Artikel Terkait :