HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KUTA

Abstrak: Prestasi belajar dapat diartikan sebagai seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Terdapat faktor internal dan eksternal yang berhubungan dengan prestasi belajar, salah satunya adalah kecanduan game online. Siswa yang kecanduan game onlineakan mencurahkan lebih sedikit waktu untuk belajar dan membuat pekerjaan rumah, sehingga ditengaraiprestasi belajarnya akan mengalami penurunan. Kecanduan game online ini merupakan fenomena yang umum di kalangan remaja, termasuk siswa SMP. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melihat hubungan kecanduan gameonline dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kuta. Subyek penelitian adalah 55 orang siswa SMP Negeri 1 Kuta dengan kriteria berusia 13-15 tahun dan bermain game online dengan durasi lebih dari 2 jam. Metode sampling adalah purposive sampling.Metode penelitian menggunakan studi korelasi. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner untuk mengukur kecanduan gameonline dan melihat nilai rapor untuk mengukur prestasi belajar. Hasil uji asumsi menunjukkan bahwa data memiliki persebaran normal dan linear. Uji normalitas kuesioner kecanduan gameonline memiliki signifikansi 0,534 dan prestasi belajar memiliki signifikansi 0,819. Uji linearitas antara kecanduan gameonline dan prestasi belajar memiliki signifikansi0,001. Hasil penelitian menemukan hubungan negatif signifikan antara kecanduan gameonline dan prestasi belajar dengan koefisien korelasi -0,472.
Kata kunci: kecanduan gameonline, prestasi belajar
Penulis: Ni Putu Arika Mulyasanti Pande dan Adijanti Marheni
Kode Jurnal: jppsikologiperkembangan150092

Artikel Terkait :