Pembelajaran Pengetahuan Dasar Komputer Berbasis Blended Learning pada Program Studi Agribisnis STIPER Amuntai

Abstract: Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan pembelajaran pengetahuan dasar komputer berbasis blended learning untuk meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode classroom action research yang dilaksanakan dalam 2 tahapan yaitu tahap pembuatan media learning dan tahap implementasi pembelajaran melalui 3 siklus proses pembelajaran dengan partisipan mahasiswa Program Studi Agribisnis STIPER Amuntai tahun akademik 2011/2012. Kegiatan siklus I meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Kegiatan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Sedangkan siklus III adalah penyempurnaan dari siklus II. Instrumen dalam penelitian ini adalah, lembar observasi tindakan/siklus, lembar observasi motivasi dan lembar observasi minat. Validitas instrument dilakukan melalui expert judgement sedangkan reliabilitas instrument menggunakan teknik Cronbach Alpha kemudian analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran berbasis blended learning, terjadi peningkatan motivasi, minat dan hasil belajar. Adapun secara kuantitatif motivasi pada siklus I naik pada siklus II dan stabil pada siklus III. Sedangkan minat pada siklus I naik pada siklus II dan meningkat pada siklus 3. Ketercapaian hasil belajar ditunjukkan pada nilai tugas dan kuis siklus I naik pada siklus II dan meningkat pada siklus III. Ketercapaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sangat antusias dan aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Motivasi, Minat dan Hasil Pembelajaran, Pengetahuan Dasar Komputer, Blended learning
Penulis: Syaiful Arif
Kode Jurnal: jppendidikandd131609

Artikel Terkait :