EFEKTIVITAS STRATEGI PERMAINAN DALAM MENGEMBANGKAN SELF-CONTROL SISWA
Abstrak: Penelitian
dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya self-control siswa di lingkungan
sekolah. Rendahnya kemampuan mengontrol diri pada siswa dapat berakibat pada
perilaku yang merusak diri sendiri dan orang lain. Salah satu cara yang dapat
dilakukan untuk mengembangkan self-control siswa adalah dengan strategi
permainan. Penelitian bertujuan menguji efektivitas strategi permainan dalam
mengembangkan self-control siswa.Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode Quasi-Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent kontrol
groups design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD
Laboratorium Percontohan UPI tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah
siswa kelas IV A dan IV B SD Laboratorium Percontohan UPI yang ditentukan
secara random sampling. Data dianalisis dengan statistik uji nonparametrik.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala self-control. Hasil penelitian
menunjukkan secara empirik, strategi permainan teruji efektif untuk
mengembangkan self-control siswa. Efektivitas ditandai dengan meningkatnya skor
posttest siswa pada kelompok eksperimen dan respon siswa yang baik. Rekomendasi
penelitian ditujukan kepada: (1) guru BK untuk dapat bekerja sama dengan guru
mata pelajaran dalam hal pelatihan menguasai teknik dasar bermain agar guru
mata pelajaran dapat memberikan materi pelajaran dalam bentuk permainan yang
lebih variatif dan membuat siswa lebih aktif; dan(2) peneliti selanjutnya untuk
mengembangkan faktor-faktor yang mempengaruhi self-control agar dapat diketahui
perkembangan self-control secara komprehensif.
Penulis: Maya Masyita Suherman
Kode Jurnal: jppendidikandd161729