IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE ROLE PLAYING YANG DIMODIFIKASI PERMAINAN DOMINO PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
ABSTRAK: Tujuan dari penulisan
ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang dikenai
pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode roleplaying yang dimodifikasi
permainan domino. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesisdengan menggunakan
anava 1 jalan didapat kesimpulan pembelajaran pendekatansaintifik dengan metode
role playingyang dimodifikasi permainan domino memperoleh prestasi belajar yang
lebih baik daripada kelas yang dikenai pembelajaran pendekatansaintifik dengan
metode role playing. Kelas yang dikenai pembelajaran pendekatansaintifik dengan
metode role playing memperoleh prestasi belajar yag lebih baik daripadakelas
yang dikenai pembelajaran langsung. Dengan demikian pembelajaran pendekatan saintifik
dengan metode role playingdan permainan domino dapat menjadi alternative pembelajaran
untuk guru matematika yang mengajar di sekolah yang menggunakan kurikulum 2013.
Penulis: Budi Sasomo
Kode Jurnal: jpmatematikadd170014