IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SD N KLIWONAN PURWOREJO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan, serta faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD N Kliwonan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek Kepala Sekolah, Guru, Pelatih Ekstrakurikuler Karawitan, dan Siswa SD N Kliwonan Purworejo. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data digunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada tiga tahap dalam implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan di SD N Kliwonan Purworejo. Tahap pertama, persiapan menghasilkan penjadwalan, pengkondisian peserta, persiapan alat, dan persapan materi. Tahap berikutnya pelaksanaan, pada tahap ini pelatih menyampaikan materi yang sudah disiapkan. Nilai-nilai yang banyak muncul dalam kegiatan ini diantaranya disiplin, jujur, toleransi, dan peduli lingkungan. Untuk evaluasi dilaksanakan oleh pelatih bersamaan dengan saat kegiatan berlangsung. Saat terjadi kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan, pelatih langsung membenahi kekurangan tersebut. Faktor yang menghambat terlaksananyapendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan ini adalah tidak adanya perangkat gamelan di SD N Kliwonan Purworejo. Faktor pendukung dalam pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler ini adalah adanya semangat dan antusias siswa yang tinggi untuk mengikuti kegiatan ini.
Kata kunci: pendidikan karakter, karawitan, SD N Kliwonan
Penulis: Wahyu Nuryawan
Kode Jurnal: jppendidikandd162154

Artikel Terkait :