PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN PAKEM MELALUI PERMAINAN CINCIN DI JEMPOL TANGAN (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar)
Abstract: Berhasil tidaknya
pencapaian tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam
mengelola kelas, mengelola siswa, memilih strategi pembelajaran, serta
kebermaknaan dalam memberikan tugas pada siswa. Berkaitan dengan permasalahan
tersebut, penulis sebagai pengawas mengembangkan alat permainan inovatif yang
bisa dipakai oleh semua guru, baik guru kelas, guru mata pelajaran, maupun guru
ekstra kurikuler. Alat permainan ini bisa dipakai oleh semua siswa dari
berbagai tingkatan kelas, berbagai tingkat jenjang sekolah, dan untuk
pembelajaran materi yang berbeda. Alat permainan inovatif pembelajaran ini
dikembangkan dengan tujuan agar peserta didik bisa belajar sambil bermain dan
bermain sambil belajar. Disamping itu, untuk membantu para guru dalam
menanamkan pendidikan karakter, sehingga peserta didik menjadi anak yang
berkarakter, berwatak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila demi terwujudnya
tujuan pendidikan nasional. Uji coba alat permainan inovatif ini dilakukan di 9
SD binaan Kecamatan Tuntang. Dari hasil uji coba diperoleh temuan bahwa ada
perbedaan yang sangat signifikan antara pendidikan karakter pada pembelajaran
tanpa alat permainan inovatif dibandingkan dengan pembela-jaran yang
menggunakan alat permainan cincin akik di jempol tangan. Nilai rata-rata
pembelajaran tanpa alat inovatif 76,55 %, sedangkan nilai rata-rata dengan menggunakan
alat permainan cincin akik di jempol sebesar 86,88 %. Hasil pembelajaran
menggunakan alat peraga inovatif ini menunjukkan bah-wa melalui strategi
pembelajaran PAKEM dengan bermain cincin akik di jempol tangan dapat membangun
karakter peserta didik sampai 11,33 %.
Penulis: Ani Adibatin
Kode Jurnal: jppendidikandd162039