PENGARUH PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN PERMAINAN DADU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
Abstract: Berdasarkan
observasi ketika mengikuti pembelajaran siswa kelas 3 terlihat tidak tertarik
dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan pembelajaran
tampak membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan perbedaan
yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan permainan dadu dengan metode pembelajaran diskusi terhadap
pencapaian hasil belajar IPA pada siswa kelas 3 SDN Lemahireng 02 Bawen
Semester II Tahun Ajaran 2015/2016 sehingga siswa menjadi tertarik dan merasa
senang mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental
Design, dengan desain One-Group Pretest-Postest Design. Teknik analisis data
menggunakan uji t (Paired samples t-test) dengan taraf signifikansi = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan permainan dadu
dengan metode pembelajaran diskusi terhadap pencapaian hasil belajar IPA pada
siswa kelas 3 SDN Lemahireng 02 Bawen. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dan
merasa senang dalam mengikuti pembelajaran dan dibuktikan dengan hasil
rata-rata nilai posttest setelah diberikan perlakuan menggunakan metode Teams
Games Tournament berbantuan permainan dadu yaitu sebesar 72,1 dibandingkan
dengan rata-rata pretest sebelum diberikan perlakuan yaitu sebesar 57.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan menggunakan metode pembelajaran Teams
Games Tournament berbantuan permainan dadu yang dapat digunakan sebagai salah
satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA.
Penulis: Eka Rizki Widayanti,
Slameto
Kode Jurnal: jppendidikandd162077