PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI BADAN USAHA KELAS VII MTS NU SIDOARJO

ABSTRAK: Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi Badan Usaha yang diketahui dari hasil Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 75 ini juga belum bisa dicapai oleh peserta didik kelas VII MTS NU Sidoarjo pada mata pelajaran IPS materi Badan Usaha Kelas VII di MTS NU Sidoarjo yang berjumlah 36 peserta didik per kelas ini sekitar 30 peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM,rata-rata nilainya yaitu 54. Jadihanya6 peserta didik yang mampu mencapai nilai KKM.
Dengan kesenjangan tersebut dilaksanakan penelitian untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif Teknik Numbered Head Together.Dengan cara ini diharapkan hasil belajar siswa meningkat sesuai dengan KKM.
Adapun jawaban sementara untuk penelitian ini ialah Ho nya adalah Tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered head together terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranIPS materi Badan Usaha kelas VII MTS NU Sidoarjo. Dan Ha nya adalah Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered head together terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranIPS materi Badan Usaha kelas VII MTS NU Sidoarjo
Dengan adanya penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada materi Badan Usaha.
Pada penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental Control group pretest-posttest, dengan subyek penelitian kelas eksperimen (VII B), kelas eksperimen (VII D) dan kelas Kontrol (VII C). Penelitian ini dilaksanakan di MTS NU Sidoarjo. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran Metode Ceramah. Variabel penelitian yang diteliti adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII MTS NU Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Anova One Way untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan.
Hasil analisis data dari kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diperoleh nilai rata-rata 81,25% untuk guru yang termasuk dalam kritera baik sekali dan diperoleh nilai rata-rata 70,83% untuk siswa yang termasuk dalam kriteria baik.Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji anova one waynilai pre-test diperoleh hasil lebih kecil dari (1,412 < 3,124),sedangkan hasil uji anova one way untuk nilai post-test diperoleh hasil= 5,832 yang kemudian dikonsultasikan dengan dengan subyek N=25 taraf signifikan 95% batas penolakan sebesar 3,132 . Dengan demikian lebih besar dari (5,832 > 3,132), maka data hasil belajar kelompok eksperimen yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah dinyatakan terdapat perbedaan rata-rata tiap kelompok diakibatkan oleh metode yang digunakan berbeda.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran ceramah pada proses pembelajaran IPS Materi Badan Usaha bagi siswa kelas MTS NU Sidoarjo.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif teknik numbered head together (NHT), Hasil Belajar
Penulis: NELLA PRIHANDINI
Kode Jurnal: jppendidikandd170314

Artikel Terkait :