PENGARUH PENGGUNAAN MUTIMEDIA GAME TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA
Abstrak: Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia game terhadap kecerdasan emosional
siswa kelas VI SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian quasi experiment, dengan variabel terikat kecerdasan emosional
siswa, serta variabel bebas multimedia game. Desain penelitiannya yaitu
pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 39 siswa kelas
VI SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. 19 siswa kelas VI-A sebagai kelas
eksperimen dan 20 siswakelas VI-B sebagai kelas kontrol. Objek penelitian
berupa kecerdasan emosional siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar
skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia game
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa. Hal
tersebut berdasarkan hasil analisis uji-t gain score, kedua kelompok, diperoleh
thitung yaitu 5,599 lebih besar dari ttabel (2,093) dan memperoleh nilai signifikasi
0,000 lebih kecil dari 0,05.
Penulis: andriyanto
Kode Jurnal: jppendidikandd162103