PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERHITUNG MATEMATIKA (U-MATH) UNTUK SISWA KELAS 2 DI SD N 1 BOLONG KARANGANYAR
Abstract: Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan Alat Permainan Edukatif yang membelajarkan dan
yang layak digunakan, untuk melatih siswa agar terbiasa berpikir cepat dalam
berhitung pada materi pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan
Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi penelitian
dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal,
uji coba produk awal, revisi hasil uji coba produk awal, uji coba lapangan,
revisi tahap 2, uji lapangan, revisi produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa
kelas 2 SD N 1 Bolong Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dapat membelajarkan siswa karena:
Permainan sesuai dengan tujuan pembelajaran di kelas, Permainan sesuai dengan
SK, KD dan Indikator Kurikulum yang digunakan Permainan melibatkan siswa untuk
berpikir, Siswa cepat dalam berhitung, Permainan melibatkan siswa untuk
berkompetisi. Penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 51 termasuk
kategori layak. Penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 77 termasuk
kategori layak. Pada uji coba produk awal mendapatkan persentase skor 97,5%
termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan mendapatkan persentase skor
93,75% termasuk dalam kategori layak. Uji lapangan mendapatkan persentase skor
97% termasuk dalam kategori layak.
Penulis: Dana Andrya Donovan
Kode Jurnal: jppendidikandd161539