PENGEMBANGAN CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONS) MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 28 SURABAYA

ABSTRAK: Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan atau materi yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Sama halnya pada Mata pelajaran IPA di kelas VIII SMPN 28 Surabaya khususnya pada materi cahaya dan optik belum maksimal, selain belum maksimalnya hasil belajar siswa juga banyak yang tidak memenuhi standar KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu sekitar 22 siswadari total 35 siswa. Hal ini dikarenakan dalam menjelaskan materi tersebut guru hanya menggunakan media poster sebagai media untuk menyampaikan materi alat optik. Sedangkan siswa membutuhkan media yang bisa menampilkan prinsip kerja alat optik secara nyata.
Terdapat dua rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, dipelukan uji kelayakan, dan diperlukan uji efektifitas CAI media pada materi pokok cahaya dan alat optik bagi siswa kelas VIII SMPN 28 Surabaya. Selain rumusan masalah terdapat pula tujuan penelitian yaitu menghasilkan produk CAI, megetahui kelayakan CAI media dan juga mengetahui kelayakan CAI media. Spesifikasi produk yang dikembangkan adalah CAI media yang dikemas dalam bentuk CD( compact disk ) dan disertai juga buku panduan dan RPP yang digunakan dalam penerapan media.
Berdasarkan hasil validasi desain dari ahli media dikatakan baik melalui hasil perhitungan untuk setiap aspeknya yaitu hasil PSA(Perhitungan setiap aspek) dari aspek daya tarik adalah 81,5 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi) dan aspek ketepatan desain adalah 70(baik dan perlu direvisi). Hasil validasi dari kedua ahli materi dikatakan sangat baik melalui perhitungan setiap aspeknya yaitu PSA pengertian yang menyeluruh 87,5 ( sangat baik dan tidak perlu direvisi), PSA isi pesan 80(sangat baik dan perlu direvisi), PSA keakuratan isi 80. Data hasil uji coba perorangan yang terdiri dari 3 orang dilihat dari aspek daya tarik 87,48 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi), aspek comprhention 96,5 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi), aspek standart technis 93,2 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi). Hasil uji coba kelompok kecil terdiri dari 10 orang siswa mengahasilkan aspek daya tarik 92,57 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), comperhention 93 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), standart technis 90,6(sangat baik dan tidak perlu direvisi). Hasil uji coba kelompok besar yang terdiri dari 20 siswa adalah aspek daya tarik 95,57 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), comperhention 95 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), standart technis 96 (sangat baik dan tidak perlu direvisi).
Berdasarkan perolehan nilai siswa dari penggunaan CAI media dengan taraf signifikasi 5% nilai db= 35-1= 34, maka diperoleh diperoleh t tabel = 0,681. Jadi thitung lebih besar dari t tabel yaitu 13.045 > 0,681 Sehingga peneliti dapat menyimpulkan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media Komputer Pembelajaran (CAI) mata pelajaran IPA materi cahaya dan alat optik untuk siswa kelas VIII mengalami peningkatan sehingga media komputer pembelajaran (CAI) tersebut bisa dinyatakan efektif dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media Computer Assisted Instructions, Cahaya dan alat optik
Penulis: Yohanes Baptista Hendrik T. Wea
Kode Jurnal: jppendidikandd170297

Artikel Terkait :