PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN MANAJEMEN PRODUKSI PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

Abstrak: Manajemen produksi merupakan mata pelajaran yang bertujuan umtuk memberikan bekal pada siswaagar dapat melakukan proses produksi dengan maksimal. Selain itu, manajemen produksi juga merupakan langkah awal sebelum produksi berlangsung. Pelajaran manajemen produksi mengharuskan siswa untuk dapat mengetahui cara penyusunan naskah sampai pemilihan crew film. Dalam hal ini media e-modul merupakan media yang tepat untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada rendahnya hasil belajar siswa ke kelas XI TPPPP2 di SMKN 1 Surabaya pada mata pelajaran manajemen produksi bab pra produksi. Berdasarka sample yang diambil, dari 30 siswa kelas XI TPPPP hanya 7 anak yang mencapai SKM (75). Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media e-modul dan untuk mengetahui efektivitas media e-modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TPPPP2 di SMKN 1 Surabaya.
Model dan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu R & D Borg and Gall. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi dan ahli media,evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan yaitu dengan kelompok besar dan untuk mengetahui hasil belajar, pengembang melakukan eksperimen semu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif presentase. Sedangkan data eksperimen semu di hitung menggunakan rumus uji t dua sampel bebas. Hasil uji coba kepada dua ahli materi yaitu 100 % dan uji coba kepada dua ahli media yaitu 89,15%. Sedangkan hasil uji coba perorangan yaitu 94,4 %, uji coba kelompok kecil yaitu 97,39 %, dan uji coba kelompok besar yaitu 99,3%. Hasil uji t memperoleh data 8,472 > 1,684 maka hasil tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: pengembangan, e-modul, manajemen produksi, film, Borg and Gall
Penulis: Farid Candra Irawan, Dr. Danang T, S.Sos., M.Si
Kode Jurnal: jppendidikandd170179

Artikel Terkait :