PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media CAI (Computer Assited Instructional) pada materi pokok Keragaman Sosial Budaya kelas VII di SMP Negeri 23 Surabaya. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu : 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluate).
Hasil uji kelayakan media CAI ini berdasarkan hasil validasi ahli materi adalah layak digunakan, validasi ahli media layak digunakan, hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media CAI dinyatakan layak dan dapat membantu proses belajar mengajar. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji T, hasil perbandingan nilai pre test kelas eksperimen dengan nilai pre test kelas kontrol adalah 0,173 dengan db = 58 sig 5% diperoleh t tabel 2,00172. Jadi t hitung < t tabel (0,173 < 2,00172) maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa adalah sama. Hasil perbandingan nilai post test kelas eksperimen dengan nilai post test kelas kontrol adalah 5,992 dengan nilai db=58 sig 5% maka diperoleh t tabel 2,00172, jadi t hitung > t tabel (5,992 > 2,00172) maka dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan. Untuk mean post test kelas eksperimen = 87,56 lebih bagus daripada mean post test kelas kontrol = 69,3, padahal kemampuan awal siswa adalah sama. Jadi yang membedakan adalah perlakuan diberikan sebuah media, maka dapat disimpulkan bahwa media CAI dalam pembelajaran ini efektif dan dapat meningkatkan hasil belajara siswa kelas VII materi pokok Keragaman Sosial Budaya di SMP Negeri 23 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, CAI, Keragaman Sosial Budaya
Penulis: abidin arridho ajitama
Kode Jurnal: jppendidikandd170300

Artikel Terkait :