PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENDESKRIPSIKAN TUMBUHAN ATAU BINATANG SEKITAR SECARA SEDERHANA BERDASARKAN CIRI-CIRINYA PADA KELAS II SDN PRAJJAN CAMPLONG MADURA
Abstract: Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang layak
dan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi
mendeskripsikan ciri-ciri hewan atau tumbuhan yang diterapkan di kelas II SDN
Prajjan Camplong Sampang Madura. Media permainan ular tangga merupakan media
yang dipilih untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran karena jika hanya
dengan menggunakan buku paket maka pembelajaran dirasakan kurang bervariasi dan
kurang inovatif sehingga materi yang disampaikan kurang bisa diterima oleh
siswa.
Pengembangan media ular tangga dilakukan dengan menggunakan model
pengembangan R&D Borg and Gall dalam Sugiyono (2010:409). Instrumen
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan tes. Hasil
validasi yang diperoleh dari ahli materi I mendapatkan persentase nilai
rata-rata sebesar 97,5%, ahli materi II sebesar 80%, ahli media I sebesar 90%
dan ahli media II sebesar 75%. Sedangkan uji coba perseorangan pada siswa
memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,97% dan uji coba kelompok kecil sebesar
88,39%. Pada analisis hasil tes, pre-test mendapatkan nilai rata-rata 61,93%
dan post-test mendapatkan nilai rata-rata 91,82%, dan dengan menggunakan
perhitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,87, jika dibandingkan dengan
ttabel yang didapatkan dari db=28-1=27 dengan taraf signifikansi 5% akan
didapatkan ttabel sebesar 2,045, maka thitung lebih besar dari pada ttabel,
yakni 4,87 > 2,045. Berdasarkan hasil analisis data validasi dan tes, maka
dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga mata pelajaran Bahasa
Indonesia materi mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana, layak
dan efektif bagi siswa kelas II SDN Prajjan Camplong Madura.
Penulis: MUHAMMAD sirat
Kode Jurnal: jppendidikandd170320