PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN POKOK MATERI TUMBUKAN DAN KEKEKALAN MOMENTUM MATA PELAJARAN FISIKA KOMPETENSI DASAR JENIS TUMBUKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMK PENERBANGAN DHARMA WIRAWAN PEPABRI SIDOARJO

Abstract: Mata pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran yang dimana menggunakan ilmu dengan pasti. Fisika pula merupakan proses yang dimana kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMK Penerbangan Sidoarjo, Dalam proses belajar mengajar penyampaian materi tumbukan dan hukum kekekalan momentum hanya menggunakan sebuah power point dan selain itu dalam pembelajaran pula tidak ada media lain selain menggunakan power point. Dalam hal ini pengembang membuat media video pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media video pembelajaran dan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya media video pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Penerbangan Sidoarjo.
Dalam pengembangan media video pembelajaran ini digunakan model pengembangan Research & Development (R&D) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain poduk, validasi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk, revisi desain, revisi produk dan produksi masal.
Dari hasil yang diperoleh dengan uji T menunjukkan nilai 2,59 > 1,66 yang berarti menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari yang menggunkan media video tersebut dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Tumbukan dan Kekekalan Momentum
Penulis: Mochammmad Wisnu Pradana Sugiarto
Kode Jurnal: jppendidikandd170294

Artikel Terkait :