PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR

Abstrak :Tujuan penelitian adalah meningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SDN 02 Nanga Embaloh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sedangkan bentuk penelitiannya menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini ditempatkan pada Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Embaloh dengan sampelnya adalah siswa yang duduk  kelas di kelas IV yang berjumlah 32 orang. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian digunakan lembar observasi, soal tes, dan dokumen.
Adapun hasil penelitian ini yaitu, 1) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan perencanaan pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 02 Nanga Embaloh dengan peningkatan sebesar 25,40% dengan kategori sedang. 2) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran matematika dengan peningkatan sebesar 27,68% dengan kategori tinggi, dan 3) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas peserta didik berdasarkan tiga indikator, yaitu pada indikator aktivitas fisik mengalami peningkatan dengan kategori sedang; indikator aktivitas mental juga meningkat dengan kategori tinggi dan pada indikator emosional mengalami peningkatan dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: Aktivitas, Metode demonstrasi, Pembelajaran Matematika
Penulis: Tunggal, Kaswari, Marzuki
Kode Jurnal: jppendidikandd170169

Artikel Terkait :