SIMULAKRA DALAM GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract: Penelitian ini
bertujuan untuk memberikan analisa dan refleksi kritis terhadap Game Edukasi
sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat ditemukan uraian problematika
mendasar seputar pembelajaran melalui Game Edukasi. Terutama terkait bagaimana
realitas dan ruang konseptual yang dikonstruksikan oleh Game Edukasi sebagai
sebuah realita pembelajaran yang dihadapi pemain. Game Edukasi yang menjadi
subjek penelitian ialah game Dora The Explorer. Penelitian ini menggunakan
paradigma kritis untuk mengungkap fenomena dibalik realitas yang dikontruksi
oleh Game Edukasi. Untuk itu, penelitian ini juga menggunakan metode analisis
teks sebagai metode analisis data. Tujuannya ialah untuk membongkar semua
ekspresi simbolik dari apa yang dihayati sebagai “objective reality” dalam Game
Edukasi. Terutama soal pencitraan visual yang disebut oleh Jean Baudrillard
sebagai simulacra. Dan peneliti menemukan bahwa realita yang dikontruksi oleh
Game Edukasi ini ialah realitas simulacra, yakni realita maya namun nampak
nyata. Bahkan ia menghasilkan sebuah dunia hiperealitas, yakni dunia yang tak
lagi mengacu pada realitas nyata.
Penulis: Arjuna Putra Aldino
Kode Jurnal: jppendidikandd161530