EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GAME PETUALANGAN SI BOLANG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS V SD DI KECAMATAN KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstrak: ujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan efektivitas antara media pembelajaran
game petualangan Si Bolang dan media gambar dalam meningkatkan prestasi dan
motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V SD di Kecamatan Kasihan
Bantul tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
eksperimen dengan bentuk posttest-only control design, sebagai sampel siswa
kelas VB sebanyak 29 siswa dan VC sebanyak 24 siswa SD N 2 Padokan, serta kelas
VA sebanyak 23 siswa dan kelas VB sebanyak 16 siswa SD Muhammadiyah
Ambarbinangun. Pendekatan statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis
adalah statistik deskriptif dan statistik non-parametrikMann-whitney u-test
dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan
pada prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan antara yang diajar menggunakan
media game petualangan Si Bolang dan yang diajar menggunkan media gambar,
dengan hasil Mann-whitney u-test sig = 0,774 > 0,05. Sedangkan dalam
motivasi belajar, ada perbedaan yang signifikan, dengan hasil Mann-whitney
u-test sig = 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai rata-rata prestasi pendidikan
kewarganegaraan, kelas yang diajar dengan media game petualangan Si Bolang
lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan media gambar, yaitu 93,64 >
93,25. Nilai rata-rata motivasi belajar kelas yang diajar dengan media game
petualangan Si Bolang lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan media
gambar, yaitu 33,32 > 24,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa media game
petualangan Si Bolang lebih efektif meningkatkan prestasi dan motivasi belajar
pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V SD di Kecamatan Kasihan tahun ajaran
2014/2015.
Penulis: Melan Kusumandari
Kode Jurnal: jppaudsddd151848