HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT, MOTIVASI, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI KECAMATAN PADURESO KEBUMEN

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar orang tua dan perhatian orang tua terhadap minat, motivasi, dan kedisiplinan belajar siswa kelas V di Kecamatan Padureso Kebumen tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar se-Kecamatan Padureso Kebumen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD se-Kecamatan Padureso Kebumen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 250 siswa dan sampel penelitian yang berjumlah 154 siswa dengan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada hubungan signifikan yang positif antara bimbingan belajar orang tua terhadap minat belajar siswa, yang berarti bahwa semakin baik bimbingan belajar orang tua terhadap siswa maka semakin tinggi pula minat belajar siswa. (2) Ada hubungan signifikan yang positif antara bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa yang berarti bahwa semakin baik bimbingan belajar orang tua terhadap siswa maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. (3) Ada hubungan signifikan yang positif antara bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa, yang berarti bahwa semakin baik bimbingan belajar orang tua terhadap siswa maka semakin tinggi pula kedisiplinan belajar siswa. (4) Ada hubungan signifikan yang positif antara perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa berarti semakin baik perhatian orang tua terhadap siswa maka semakin tinggi pula minat belajar siswa. (5) Ada hubungan signifikan yang positif antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, yang berarti bahwa semakin baik perhatian orang tua terhadap siswa maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. (6) Ada hubungan signifikan yang positif antara perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa, yang artinya semakin baik perhatian orang tua terhadap siswa maka semakin tinggi pula kedisiplinan belajar siswa. (7) Ada hubungan signifikan yang positif antara bimbingan belajar orang tua dan perhatian orang tua terhadap minat, motivasi, dan kedisiplinan belajar siswa kelas V di Kecamataan Padureso kebumen dapat dijelaskan bahwa semaikin baik bimbingan belajar orang tua terhadap siswa dan semakin baik perhatian orang tua secara bersama-sama maka semakin tinggi pula minat, motivasi, dan kedisiplinan belajar pada siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan antara bimbingan belajar orang tua dan perhatian orang tua dengan minat, motivasi, dan kedisiplinan belajar akan memberikan wawasan dan pandangan bagi orang tua dan sekolah dalam mewujudkan prestasi belajar yang baik dapat tercapai.
Kata kunci: bimbingan belajar orang tua, perhatian orang tua, minat, motivasi, kedisiplinan belajar
Penulis: Karina Rizky Aprilia
Kode Jurnal: jppaudsddd151852

Artikel Terkait :