INTEGRASI PENDIDIKAN MORAL DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Abstract: Fase perkembangan anak pada usia dini merupakan fase awal individu mengembangkan potensi  yang dianugerahkan. Tuhan kepada manusia. Secara umum  pendidikan prasekolah dimaksudkan untuk menfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh sesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai kehidupan. Disamping itu program  pendidikan prasekolah harus disesuaikan dengan kebutuhan,  minat dan perkembangan anak. Bidang pendidikan anak usia dini, terdapat dua pendekatan mendasar yang digunakan, yaitu  pendekatan perilaku dan pendekatan perkembangan.
Program kelas yang berpusat pada anak merupakan pendekatan pembelajaran  yang berorientasi perkembangan yang berusaha mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara optimal. Pendekatan  kelas yang berpusat pada anak didasarkan atas keyakinan bahwa anak akan tumbuh dan belajar dengan baik jika merekadilibatkan secara alamiah dalam proses belajar.
Program  kelas yang berpusat pada anak mendukung peran serta keluarga dalam berbagai cara. Meskipun metodenya berbeda-beda namun para guru dan pengelola pendidikan harus tetap mendukung keluarga untuk terlibat secara aktif dalam semua aspek program. Pada prinsipnya, segala upaya untuk memfasilitasi seluruh aspek perkembangan anak secara optimal dapat tercipta melalui kesungguhan pihak-pihak yang terlibat dalam program pendidikan tersebut. Kesetaraan serta rasa tanggung jawab yang besar dari masing-masing pihak akan membantu pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan.
Kata Kunci: Pengembangan Potensi Anak Usia Dini, Pendekatan Kelas,  Potensi Anak
Penulis: Patimah
Kode Jurnal: jppaudsddd151753

Artikel Terkait :