KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN DENGGUNG SLEMAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) serta untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).Penelitian dilakukan di SDN Denggung Sleman pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design(eksperimen semu) dengan jumlah sampel 58 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan instrument yang digunakan berupa soal tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (t-test) dengan taraf signifikansiα = 0,05.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar IPA siswa antara menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hal ini diketahui dari uji t prestasi belajar siswa dengan nilai t hitung 6.775 > t tabel 1.6736 dan sig 0,000 atau sig < 0,05. (2) Model pembelajaran Mind Mapping lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa SDN Denggung Sleman. Hal ini diketahui dari hasil nilai posttest dengan jumlah rata-rata 86.61 dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan jumlah rata-rata 72.50 dari kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).
Kata Kunci: Prestasi Belajar IPA, Model pembelajaran Mind Mapping, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Penulis: Fitrianika
Kode Jurnal: jppaudsddd151850

Artikel Terkait :