MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE DEMONSTRASI KELOMPOK B PPT HARAPAN BANGSA SURABAYA

Abstrak: Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk mengoptimalkan perkembangannya. Untuk itu diperlukan stimulasi dan pembinaan yang tepat agar potensi yang ada pada diri anak dapat berkembang dengan maksimal. Dari observasi awal yang telah dilaksanakan peneliti bersama teman sejawat, bahwa kenyataan di lapangan diperoleh data dari 20 anak tersebut 12 anak menunjukkan keterlambatan dalam kemampuan motorik halusnya yang ditandai anak belum mampu menggerakkan tangannya untuk melipat dengan baik, salah satu metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui metode demonstrasi dengan kegiatan melipat.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah  anak kelompok B di PPT Harapan Bangsa Surabaya berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan melipat  pada  siklus I diperoleh data 75%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena belum sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak yang ditentukan 80%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II diperoleh data mengenai peningkatan kemampuan motorik halus anak  dengan menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan melipat mencapai 90%. Berdasarkan analisis data pada siklus II maka kriteria yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan melipat dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B PPT Harapan Bangsa Surabaya dilakukan dengan indikator memegang  kertas dengan benar dan melipat kertas sesuai contoh guru.
Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Metode Demonstrasi, Melipat Kertas
Penulis: Hariny Nurul Chotimah, Muhammad Reza
Kode Jurnal: jppaudsddd141421

Artikel Terkait :