MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN MENARI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA

Abstract: Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang mencakup keterampilan otot-otot besar, gerakan ini lebih menuntut kekuatan fisik dan keseimbangan.Gerakan motorik kasar melibatkan aktivitas otot tangan, kaki dan seluruhtubuh anak.Kemampuan motorik kasar anak di Kelompok Bermain Tunas Bangsa Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto belum maksimal. Hal ini terlihat dari anak belum mampu untuk melakukan gerakan melompat dengan menggunakan 2 kaki dan 1 kaki secara seimbang dan sebagai guru yang memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran peneliti ingin memperbaharui kondisi tersebut dengan mengadakan penelitian tindakan kelas dengan memberikan kegiatan menari. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan menari.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelasyang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Didalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu :perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok bermain Tunas Bangsa yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 60%, hasil observasi aktivitas anak sebesar 57,25%, dan hasil observasi peningkatan kemampuan motorik kasar anak sebesar 60%. Sehingga hasil yang diperoleh belum sesuai harapan karena target yang ditentukan yaitu sebesar 80%. Oleh karena itu penelitian ini berlanjut pada siklus II.Hasil dari analisis data siklus II diperoleh observasi aktivitas guru sebesar 92,8%, observasi aktivitas anak sebesar 82,5%dan observasi peningkatan kemampuan motorik kasar sebesar 90%. Berdasarkan  data pada siklus II maka hasil penelitian berhasil karena sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwapembelajaran dengan kegiatan menari ternyata cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasaranak-anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Sooko Mojokerto.
Kata Kunci: Kemampuan motorik kasar, Kegiatan menari
Penulis: Azmil Mufarrohah, Muhammad Reza
Kode Jurnal: jppaudsddd141481

Artikel Terkait :