PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) MAZE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-FITHROH

Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK AL-fithroh Surabaya yang masih rendah. Hal ini terlihat pada saat anak belum mampu membuat garis, terdapat 20 anak  dari 40 anak di kelas belum mampu membuat garis. Keadaan ini disebabkan karena kurangnya kreatifitas dalam pembelajaran. Dalam hal ini kemampuan motorik halus dipengaruhi oleh APE maze sehingga penggunaan APE maze harus di sesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan motorik halus anak dipengahuri APE maze.
Penelitian ini menggunakan  desain penelitian Quasi-Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design dengan melakukan observasi sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok kontrol dan eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Sampel pada penelitian ini masing-masing berjumlah 20 anak dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan Mann-Whitney U Test (uji U).
Berdasarkan hasil perhitungan uji Mann-Whitney pada taraf signifikan 50% menunjukkan bahwa nilai exact [2*(1-tailed)] adalah 0,000, yang artinya 0,000 < α (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) maze terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Al-Fithroh Surabaya.
Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif (APE) maze, kemampuan motorik halus
Penulis: Asni Ariny Haque, Rohita Rohita
Kode Jurnal: jppaudsddd141457

Artikel Terkait :