PENGARUH ALAT PERMAINAN MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK 1-10 KELOMPOK A KB-TK ARISSKA

Abstract: Penelitian pada anak kelompok A di KB-TK Arisska Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A. Hal ini disebabkan karena pembelajaran di KB-TK ARISSKA kurang memanfaatkan alat permainan untuk dijadikan bahan untuk mengajar. Oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak perlu dilakukan dengan cara yang tepat, yaitu dengan menggunakan alat permainan Montessori. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh alat permainan Montessori terhadap kemampuan berhitung anak 1-10 kelompok A  KB-TK ARISSKA Tropodo kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one-grup pretest-posttest design. Subyek penelitian ini anak kelompok A dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus Thitung < Ttabel. Jika Thitung < Ttabel maka penelitian ini signifikan adanya pengaruh alat permainan Montessori terhadap kemampuan berhitung anak 1-10.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data tentang kemampuan berhitung anak 1-10 kelompok A pada saat sebelum diberikan perlakuan (pre-test) data yang diperoleh yaitu 53 dan sesudah diberikan perlakuan (post-test) data yang diperoleh yaitu 77. Hasil analisis data uji Wilcoxon diperoleh bahwa Thitung = 0 dan Ttabel = 52 (0<52). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh alat permainan Montessori terhadap kemampuan berhitung anak 1-10 kelompok A di KB-TK Arisska Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.
Kata Kunci: Alat permainan Montessori, kemampuan berhitung
Penulis: Sonia Febrianty Noor, Sri Widayati
Kode Jurnal: jppaudsddd141477

Artikel Terkait :