PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK CUT NYAK DIEN KOTA MOJOKERTO

Abstrak: Idealnya pada tahapan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dapat bersabar menunggu giliran, mengungkapkan ekspresi senang ketika mendapatkan sesuatu, dan bertanggung jawab akan tugasnya. Penanaman nilai sosial emosional pada anak dapat dilakukan melalui metode bercerita. Berdasarkan observasi awal di TK Cut Nyak Dien Kota Mojokerto khususnya kelompok B, menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anakdalam kegiatan menunggu giliran berbaris, senang ketika mendapatkan kue, dan bertanggung jawab mngembalikan alat tulis masih perlu dikembangkan sesuai dengan tahap perkembangannya. Untuk itu dalam proses belajar mengajar perlu diterapkan metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK Cut Nyak Dien Kota Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one-grup pretest-posttest design. Sampel penelitian ini anak kelompok B dengan jumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus Thitung < Ttabel. Jika Thitung < Ttabel maka penelitian ini signifikan adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan sosial emosional anak.
Berdasarkan hasil penelitisn menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak kelompok B pada saat sebelum diberikan perlakuan (pre-test) diperoleh hasil sebesar 137 dan sesudah diberikan perlakuan (post-test) diperoleh hasil sebesar 197. Data tersebut dianalisis melalui uji wilcoxon dan diperoleh bahwa Thitung = 0 < Ttabel = 40 sehingga pengambilan keputusannya yaitu : ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<40) dan H0. Ditolak kaena Thitung > Ttabel (0>40). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK Cut Nyak Dien Kota Mojokerto.
Kata kunci: metode bercerita, kemampuan sosial emosional
Penulis: Lucky Putri Hariyanti, Sri Setyowati
Kode Jurnal: jppaudsddd141437

Artikel Terkait :