PENGARUH MORAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS 3 SDN SERAYU YOGYAKARTA)

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh moral terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas 3 SDN Serayu Yogyakarta.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2015 di SDN Serayu Yogyakarta. Populasi adalah seluruh siswa kelas 3 SDN Serayu Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015, sejumlah 78 siswa. Sampel ditetapkan dengan quota sampling sejumlah 53 responden. Pengumpulan data variabel moral kuesioner dan prestasi belajar Pkn dokumentasi nilai rapor semester ganjil tahun 2014/2015. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan moral terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas 3 SDN Serayu Yogyakarta, dengan F-hitung sebesar 5,488 dan p sebesar 0,022. Sumbangan moral terhadap prestasi belajar PKn sebesar 9,7%. Hasil penelitian dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kepala sekolah untuk memotivasi guru untuk mengidentifikasi dan meningkatkan moral siswa sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar PKn.
Kata Kunci: Moral, Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Penulis: Fitri Ardiyanti
Kode Jurnal: jppaudsddd151849

Artikel Terkait :